081321112060 admin@obatimpotensiviagra.com
Waktu Paling Tepat Untuk Kembali Berhubungan Seks Setelah Suntik KB

Waktu Paling Tepat Untuk Kembali Berhubungan Seks Setelah Suntik KB

Jika kita berbicara mengenai alat kontrasepsi, tentu saja saat ini banyak pilihan yang tersedia. Dan salah satu alat kontrasepsi yang sangat populer di Indonesia adalah KB suntik.

Banyak masyarakat yang memilih alat kontrasepsi ini ketimbang mengkonsumsi pil KB karena efeknya bisa lebih bertahan lama yaitu sekitar satu hingga tiga bulan.

Nah, bagi anda yang berniat untuk melakukan suntik KB, dan sedang bertanya-tanya, tentang waktu yang aman untuk berhubungan seks setelah penyuntikkan KB dilakukan, maka berikut kami telah rangkum penjelasannya.

Suntik KB, Solusi Ampuh untuk Mencegah Kehamilan

KB suntik pada dasarnya mengandung hormon buatan yang bernama progestin yang mirip dengan hormon progesteron, dan diproduksi oleh indung telur. Hormon tersebut kemudian disuntikkan ke bagian tubuh wanita pada bagian perut, bokong, atau pun depan paha.

Dan tentunya, anda tidak perlu cemas, karena alat kontrasepsi ini 99% sudah terbukti ampuh dan efektif untuk mencegah kehamilan, dengan syarat anda tidak boleh telat atau lupa untuk melakukan suntik ulang kembali di jadwal yang sudah ditentukan.

Kendati demikian, suntik KB sebenarnya tidak terlalu dianjurkan untuk wanita yang merencanakan kehamilan dalam tahun yang sama. Misalnya wanita tersebut tidak ingin hamil di 6 bulan pertama setelah pernikahan, namun ingin tetap hamil setelah lebih dari 6 bulan itu.

Oh, ya, anda juga harus tahu, bahwa wanita yang sedang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Seperti penyakit diabetes, lupus, dan kanker payudara dalam lima tahun terakhir. Sangat tidak direkomendasikan untuk memakai KB jenis ini, karena tentu saja dapat semakin membahayakan kesehatan.

Aturan Melakukan Seks Sesudah Suntik KB

Umumnya, cara kerja KB suntik adalah dengan menghentikan indung telur untuk melepaskan ovulasi (sel telur) setiap bulannya. Itulah sebabnya wanita yang melakukan KB dengan jenis ini akan mendapatkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Di samping itu, hormon progestin juga bisa menebalkan lendir pada bagian leher rahim sehingga akhirnya menyulitkan sperma untuk masuk dan mencapa titik sel telur.

Anda bisa melakukan KB suntik kapan pun anda mau, termasuk dalam masa menstruasi sekali pun (asal tidak sedang dalam keadaan hamil).

  • Waktu yang dibutuhkan untuk menyerap hormon dari KB bervariasi, tergantung saat kondisi apa anda melakukan suntik tersebut. Itulah sebabnya apabila anda kemudian langsung berhubungan seks setelah disuntik, maka alat kontrasepsi ini tidak akan mampu mencegah pembuahan terjadi, dan akibatnya anda akan tetap berkemungkinan untuk hamil.
  • Jika anda melakukan penyuntikkan pada masa menstruasi, KB akan mulai bekerja dalam waktu sekitar 5 hari. Sementara itu, jika anda disuntik di luar masa menstruasi maka KB akan bekerja dalam waktu sekitar 7 hari.

Lalu Sampai Kapan Menggunakan Kondom?

Jawabannya adalah setelah anda melewati minggu pertama terhitung sejak KB suntik dilakukan. Nah, pada minggu tersebut anda sudah dapat melakukan hubungan seks tanpa menggunakan kondom. Karena KB sudah mulai bekerja secara efektif di dalam tubuh anda.

Meskpun demikian, penggunaan KB tetap tidak akan bisa melindungi anda dari berbagai risiko penyakit kelamin menular. Alat KB ini hanya berfungsi untuk mencegah kehamilan saja.

Efek sampingnya sendiri yang paling umum selain mendapatkan siklus menstruasi yang terus berubah-ubah. Seperti terjadinya pendarahan yang tidak teratur, munculnya bercak-bercak, sakit kepala, rambut rontok, pusing, dan perubahan nafsu makan.

Nah, itulah diatas ulasan singkat mengenai waktu yang aman untuk berhubungan seks setelah penyuntikkan KB. Semoga bermanfaat.

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *